Beranda | Artikel
Anjuran Mengcross-Check Berita Sebelum Menyebarkan
Kamis, 11 Januari 2024

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Anjuran Mengcross-Check Berita Sebelum Menyebarkan adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 27 Jumadal Akhir 1445 H / 09 Januari 2024 M.

Kajian Tentang Anjuran Mengcross-Check Berita Sebelum Menyebarkan

Kata Imam An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala باب الحثّ عَلَى التثبت فيما يقوله ويحكيه (Bab anjuran agar seseorang mengcross-check berita atau perkataan yang diucapkannya atau yang diceritakan kepada orang lain).

Seseorang wajib memeriksa apakah sebuah berita benar atau tidak. Misalnya, seseorang mendapat berita melalui medsos atau yang lainnya. Kemudian, berita itu tidak jelas akan kebenarannya. Kita diperintahkan oleh agama Allah untuk cross-check berita itu sebelum menyampaikannya kepada orang lain. Ini sangat penting, apalagi kita hidup di era medsos yang mencakup hampir seluruh kalangan manusia. Medsos ini menyebabkan apa yang kita dengar terkadang ada yang benar, ada yang tidak benar. Dan terkadang hanya melalaikan kita dari mengingat Allah dan membuang-buang waktu dan umur.

Oleh karena itu, sudah seyogianya kita lebih selektif dalam menerima informasi, karena di medsos itu kebanyakan orang-orang yang kita tidak kenal. Kita hanya mengetahui sebagian dari mereka. Demikian pula, (kita juga tidak mengetahui) apa motivasi mereka dalam mengirim berita. Oleh karena itu, mari kita betul-betul selektif, betul-betul kita cross-check apabila ada informasi atau berita yang kita ragu terhadap berita tersebut atau kita mendapatkan dari orang yang tidak kita kenal atau yang lainnya. Agama kita telah mengatur semuanya karena apa yang diucapkan dan disampaikan kepada orang lain akan menjadi pertanggungjawaban kita.

Ini telah disebutkan oleh Al-Qur’anul Karim, di antaranya firman Allah dalam Surah Al-Isra’ ayat yang ke-36. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

“Dan jangan kamu berbicara sesuatu yang kamu tidak mempunyai ilmu tentangnya. Karena sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati ini akan ditanya oleh Allah Taala.” (QS. Al-Isra`[17]: 36)

Hendaknya kita berbicara apa yang kita ketahui, yang kita mempunyai ilmu tentangnya. Adapun yang kita tidak mempunyai ilmu tentangnya, jangan berbicara, karena semua akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala di hari kiamat kelak. Itu latar belakangnya mengapa kita dilarang berbicara tanpa ilmu, dilarang menyampaikan informasi tanpa ada kepastian akan kebenaran informasi yang kita sampaikan kepada orang lain.

Ini telah diingatkan oleh Al-Qur’anul Karim sebelum ada peringatan-peringatan tentang hoax, yang itu menjadi Peraturan Pemerintah. Makanya benar, Islam ini adalah agama untuk semua kalangan, siapapun manusia, dan dimanapun dia, serta kapanpun, Islam tetap relevan dengan zaman, karena Islam adalah agama terakhir yang Allah turunkan kepada RasulNya yang terakhir, Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Kemudian, juga Allah Taala berfirman tentang pertanggungjawaban ini dalam Surah Qaf ayat yang ke-18. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:

مَّا يَلْفِظُ مِن قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

“Tidaklah seorang manusia mengucapkan sebuah ucapan, melainkan ada malaikat-malaikat yang mencatat apa yang diucapkannya.” (QS. Qaf[50]: 18)

Bahkan mengeluh pun dicatat oleh malaikat. Diceritakan dalam sebagian kitab tentang Al-Imam Ahmad bin Hambal Rahimahullahu Ta’ala. Ketika beliau dalam keadaan sakit, beliau mengeluh dan merintih karena sakitnya. Maka beliau diingatkan oleh putranya, Abdullah bin Ahmad bin Hambal atau salah satu putranya: “Wahai Ayahku, tidakkah engkau ketahui bahwa rintihan itu pun dicatat oleh malaikat?” Subhanallah. Maka kemudian Imam Ahmad bin Hambal berhenti dari merintih akan kesakitannya.

Jadi, apabila setiap Muslim memahami akan hal ini, mengetahui makna dan kandungan ayat-ayat yang dibacakan tadi, maka dia akan menjaga lisannya. Sebagaimana juga Nabi ‘Alaihish Shalatu was Salam telah mengingatkan kepada kita:

كُفَّ عَلَيْكَ هَذَا 

“Jaga lisanmu.”

Lihat: Hadits Arbain 29 – Pintu-Pintu Kebaikan

Orang yang tidak menjaga lisannya akan menerima risiko dari perilakunya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53798-anjuran-mengcross-check-berita-sebelum-menyebarkan/